Berita dan Opini Warga

Berbagi Cerita untuk Kebaikan Bersama

Deskripsi Web

Web ini merupakan media jurnalisme warga (citizen journalism) yang membuka ruang partisipasi aktif bagi semua orang untuk melakukan kegiatan jurnalisme. Kegiatan jurnalisme dimaksud, yakni: kegiatan pengumpulan, pelaporan, analisis serta penyampaian informasi dan berita. Selain berita, media ini juga dapat digunakan untuk menulis opini, cerpen, puisi, cerita pengalaman, cerita humor, bahkan cuhat dan lain-lain yang bersifat pemberitaan, pencerahan, pemaknaan, serta hiburan sesuai dengan etika dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Lahirnya Web ini karena didorong oleh beberapa orang pegiat medsos yang ingin menuangkan berita, opini dan lain-lain melalui salah satu web yang dapat diakses secara bersama-sama oleh semua warga.

Dengan adanya media jurnalisme warga ini, masyarakat tidak hanya menjadi konsumen media, tetapi juga dapat terlibat secara langsung dalam proses pengelolaan informasi. Pelibatan itu meliputi membuat, mengawasi, mengoreksi, menanggapi atau sekedar memilih informasi yang ingin dibacanya. Oleh karena itu, media ini tidak hanya memberi ruang untuk membaca, tetapi juga menyarankan dan mendorong para pembaca untuk terlibat di dalamnya.

Media ini juga diisi dengan share berita-berita terkini yang dianggap bermanfaat bagi pembaca, maupun artikel dan berita menarik lainnya yang terambil dari link-link tertentu.

Seluruh konten berita dan lain-lain yang terkait dengan jurnalisme warga pada media ini, merupakan tanggung jawab penuh dari setiap orang yang menerbitkan kontennya berdasarkan nama yang tercantum sebagai penulis (Author) pada berita dan konten yang bersangkutan.

Sangat disadari bahwa hingga saat ini belum ada undang-undang yang melindungi para jurnalis warga. Dengan demikian para jurnalis warga dapat terjerat UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Dalam hal ini resiko kriminalisasi terhadap jurnalis warga lebih terbuka dibandingkan dengan jurnalis pada media arus utama.

Untuk itu, hendaknya setiap penulis (Author) sebagai jurnalis warga pada media ini, berusaha meminimalkan resiko hukum, dengan cara memperhatikan dan mengetahui Kode Etik Jurnalistik. Dengan begitu, para penulis sebagai jurnalis warga pada media ini tidak menyajikan berita bohong (hoax), bermuatan SARA, atau bermuatan pornografi. Sebaliknya, wajib membuat berita yang berimbang, tidak subyektif, serta dapat dipertanggungjawabkan. Dengan demikian, semua jurnalis warga pada media ini akan dapat berperan sebagaimana mestinya.

Bagi siapapun yang ingin berpartisipasi atau berkontribusi pada media jurnalisme warga ini, silahkan menghubungi kami untuk terdaftar sebagai penulis atau kontributor melalui email: amarato.daud@gmail.com

%d blogger menyukai ini: