KUPANG-Berita1online.com “Menyiapkan kader yang berkarakter, berpikir kritis, profesional dan berwawasan ilmiah menuju Indonesia emas 2045”. Demikian spirit tema kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB) dan Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) yang diselenggarakan oleh Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Laboya (IPMALAYA) Sumba Barat – Kupang. 

Foto bersama Badan Pengurus, senior dan penari IPMALAYA

Berdasarkan laporan ketua panitia Daud Bora Bungetana saat opening ceremony (4/10/2019), Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, sejak tanggal 4 hingga 6 Oktober 2019 bertempat di Aula Universitas Karya Darma Kupang. Selain sebagai kegiatan tahunan organisasi, Penyelenggaraan kegiatan ini bertujuan mempersiapkan generasi penerus bangsa menjelang era bonus demografi atau indonesia emas tahun 2045.

Peserta sebanyak 65 orang yang terdiri dari unsur pemuda, pelajar dan mahasiswa mengikuti latihan kepemimpinan yang dimaksudkan sebagai peningkatan kapasitas diri baik dari sisi keilmuan, sisi Karakter maupun dari sisi semangat pengabdian.

Hal ini dilakukan melalui kegiatan sosialisasi organisasi dan AD-ART IPMALAYA, ceramah motivasi, kepemimpinan dan manajemen waktu serta latihan publick speaking dan latihan memimpin rapat. Lanjut Daud, kegiatan ini diharapkan dapat menguatkan kapasistas dan keterampilan pemuda sebagai usia produktif menjelang Indonesia emas 2045.

Ketua umum IPMALAYA Markus Beko Rina saat ditemui mengatakan bahwa kegiatan ini dimaksudkan agar pemuda, pelajar dan mahasiswa membekali dirinya agar dapat menjalankan fungsinya baik sebagai agen of kontrol, agen of change maupun sebagai iron stock. Untuk itu, kata Markus kepada peserta MPAB dan LKTD silahkan mengikuti proses ini sebaik mungkin, agar memiliki kapasistas diri yang mumpuni agar mampu menjalankan tugas dan fungsinya sebagai generasi penerus.

Dalam sambutannya sebagai orang tua sekaligus sebagai pembina, Yustinus T. Goro,SH mengatakan bahwa ditengah banyaknya isu dan gerakan yang mengerogoti NKRI, organisasi pemuda harus menjadi komunitas yang terus berkomitmen menjaga keutuhan NKRI. Beliau juga berharap agar seluruh anggota organisasi sebisa mungkin menghindari paham-paham radikalisme yang mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Berdasarkan pantauan media ini, usai seluruh rangkaian kegiatan di laksanakan di aula Undarma selama 3 hari, peserta dilantik dan dikukuhkan di sekretariat IPMALAYA Jl. Kincir Lasiana Kupang pada hari terakhir (6/10/2019). Dalam acara pelantikan ini, semua peserta menyatakan komitmen dan janjinya melalui sumpah anggota yang diucapkan. Peserta berjanji untuk terus mencintai dan menjaga keutuhan organisasi IPMALAYA dan negara Kesatuan Republik Indonesia (Nathanbulang)