Optimis Paket JOJON Janji Optimalkan Semua Sumber Daya di Sumba Barat

Berita1online.com-Meski gong pilkada serentak 2020 belum ditabuh, Yohanes Dade, SH sebagai bakal cabup yang menggandeng Jhon Lado Bora Kabba sebagai Balon Wabup (paket JoJon) Optimis berjuang bersama rakyat bangkit menuju sumba barat sejahtera dengan Optimalkan Semua Sumber Daya Sumba Barat tahun 2020 mendatang.

Pasangan Bakal Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Sumba Barat Yohanes Dade S.H dan Jhon Lado Bora Kabba Haba optimis dan menyatakan diri untuk menyatakan diri siap maju dalam Pilkada pada tahun 2020 nanti. Sumba barat (27/8/2019).

Optimisme Bakal Calon Bupat dan Wakil bupati berjanji memanfaatkan semua sumber daya baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang ada di sumba barat, Jika semua sumber daya mampu dikelola secara maksimal diharapkan tidak lagi terlalu bergantung dengan bantuan dana baik dari luar.

“Ditengah banyak Stiqma tentang sumba barat kota terkotor, infa-sruktur yang tdk memadai, persoalan HAM, persoalan Tabal batas dll, jika memberikan kepercayaan pada Paket JOJON maka kita akan berjuang bersama rakyat menuju sumba barat sejahtera 2030, banyak target cepat, tepat dan cerdas akan lakukan demi rakyat tercinta ini, Kata Paket JOJON.



Dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM), kata paket ini: orang kita tidak kalah saing dengan orang lain, putra putri kita semua hebat, Hal ini dibuktikan dengan bayaknya pemimpin cerdas yang lahir dari tanah pada eweta manda elu. Jika semua sumber daya manusia yang ada di sumba barat ini maupun yang ada diluar disatukan untuk membangun maka akan terjadi lompatan yang luar biasa bagi sumba barat tidak saja pada pembangunan fisik tapi juga pembangunan manusia.

“Kalau kita mampu membangun semua sumber daya yang ada maka sumba barat akan bangkit dan maju, sumba barat adalah kota lama, ibu dari beberapa kabupaten harus lebih maju, kota teladan dari banyak sisi, tidak terlampau sulit untuk dibangun. Kalau PAD kita besar tentu kita bisa dengan mudah membangun sesuai keinginan kita. Kedepan kita akan mendongkrak PAD Lewat peningkatan hasil SDA yang ada ).

Media ini berjumpa Melkianus Pote Hadi M.Pd, Tokoh akademisi yang adalah pendukung Paket JOJON berharap sangat agar paket ini sungguh menjawab kebutuhan sumba barat saat ini,
Lanjut Melki program unggulan “Dengar anak muda” adalah “program menyelamatkan orang muda”. Hal ini sudah di bicarakan secara serius dengan paket, program unggulan ini akan memfasilitasi, mengadvokasi dan menciptakan ruang usaha bagi orang muda, nanti dikonkretkan dalam program unggulan seperti pembukaan BLK, inventarisasi orang muda putus sekolah, tamatan SMA/SMK dan sarjana yang belum memiliki pekerjaan tetap, beserta minat dan bakatnya dan team akan perkuat hasil kajian ini dengan awareness dan pelatihan peningkatan kapasitas (skill, pengetahuan dan manajemen usaha) serta hibah/bantuan modal usaha untuk nenciptakan wirausahawan muda, serta koneksivitas Pemda dengan pemuda dan mahasiswa di luar domisili sumba barat seperti organisasi kepemudaan yang ada.

Selain itu tutur Melki berharap perkuat ekowisata yakni melki memaparkan Analisis potensi ekowisata pada kawasan Sumba barat dilakukan menggunakan analisis SWOT. Pendekatan SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, Threat)

untuk melihat potensi ekowisata merupakan pendekatan yang didasarkan pada faktor eksternal dan internal yang terdiri dari kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang ada di sumba barat. Tahapan analisis SWOT yang dilakukan meliputi tahapan
indentifikasi dan penilaian faktor internal dan eksternal, analisis keterkaitan unsur SWOT
dan tahapan penentuan alternative rencana pengelolaan. Identifikasi Faktor Internal dan Eksternal Kekuatan (Strengths) Cakupan kawasan pantai selatan yang luas dan nilai potensi dan estetikanya yang cukup tinggi yaitu terdiri beberapa hotel dan budaya pasola, terdapat kekayaan sumberdaya alam yang cukup tinggi dan
beragam meliputi keaneka ragaman flora dan yang relative baik, budaya dan adat istiadat masyarakat sumba barat.

Laporan MH

Foto Paket